ANALISA KLORIN PADA BERAS YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL CIK PUAN KOTA PEKANBARU TAHUN 2020

CHLORINE ANALYSIS IN RICE CIRCULATING IN THE CIK PUAN TRADITIONAL MARKET, PEKANBARU, 2020

https://doi.org/10.25311/kesmas.Vol2.Iss1.11

Authors

  • Fitriani Fitriani STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Puspito Raharjo STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Yessi Harnani STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • M. Kamalizaman Kamalizaman STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Denai Wahyuni STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Klorin, Beras, Reaksi Warna

Abstract

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok yang mudah diolah, mudah disajikan, enak dan mengandung sumber protein sebagai sumber energi. Zat klorin yang ada dalam beras dapat membahayakan system pernafasan dan akan menggerus usus pada lambung (korosif), akibatnya lambung akan rawan terhadap penyakit maag, dan dalam jangka panjang klorin akan menyebabkan penyakit kanker hati dan ginjal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menentukan kadar klorin dalam beras yang beredar di Pasar Tradisional Cik Puan Kota Pekanbaru. Sampel beras berjumlah empat belas sampel yang diambil dari pedagang yang ada di Pasar Tradisional Cik Puan Kota Pekanbaru. Klorin diuji dengan metode reaksi warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat belas sampel beras tidak mengandung klorin. Beras yang dijual di Pasar Tradisional Cik Puan Kota Pekanbaru tidak mengandung klorin dan aman untuk dikonsumsi.

Rice is one of the basic foodstuffs that is easily processed, easily served, tasty and contains a source of protein as a source of energy. Chlorine that is in rice can harm the respiratory system and will erode the intestine in the stomach (corrosive), as a result the stomach will be prone to ulcer disease, and in the long run chlorine will cause liver and kidney cancer. The purpose of this study is to identify and determine the chlorine content in rice circulating at the Cik Puan Traditional Market in Pekanbaru City. Fourteen samples of rice were taken from traders in the Cik Puan Traditional Market, Pekanbaru City. Chlorine is tested by the color reaction method. The results showed that fourteen rice samples did not contain chlorine. Rice sold at the Cik Puan Traditional Market in Pekanbaru City does not contain chlorine and is safe for consumption.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrina,R., Anganria., Jumawati. (2019). Analisis Kualitatif Klorin (CL2) Pada Beras Putih yang Beredar dipasar Tradisional Daya Kota Makasar. Jurnal Farmasi Sandi Karsa Vol.V.No.1.

Cahyadi, Wisnu. (2008). Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Christine. F. (2016). Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan. Unstat Press. Manado

Damsar., Indrayani. (2015). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Kencana. Jakarta

Harahap, P. R. (2017). Analisis Pengetahuan, sikap dan Tindakan Pedagang Beras dan Kandungan Klorin (CL2) pada Beras Kilang yang dijual di Pasar Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas Tahun 2016. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Haryadi, (2015). Teknologi Pengolahan Beras. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Koeswara, S. (2009). Teknologi Pengolahan Beras (Teori dan Praktek). Jurnal. Hal 1-13. Diakses tanggal 30 mei 2014

Notoadmodjo, Wisnu. (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Permenkes, (2012).Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 033/Menkes/Per/VII/2012 Tentang Bahan Tambahan Makanan. Jakarta

Putra, S. R. (2015). Analisis Penggunaan Klorin (CL2) pada Beras yang di Jual di Pasar Bina Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmawati. Nurdiyanah dan Azriful. (2016). Gambaran Kadar Klorin (CL2) pada Beras dipasar Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat.Vol. 2 No. 2. e- ISSN 2541-4542

Published

2022-04-30

Most read articles by the same author(s)