FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA PRAMUDI BUS TRANS METRO PEKANBARU
FACTORS RELATED TO TRAFFIC ACCIDENTS ON PEKANBARU TRANS METRO BUS SCHEDULE
https://doi.org/10.25311/kesmas.Vol2.Iss1.635
Keywords:
Pengetahuan, Lengah, ketertiban, keterampilanAbstract
Kecelakaan lalu lintas adalah suatu kejadian atau peristiwa yang tidak terduga dan tidak diharapkan kedatangannya, terjadi dijalan raya atau di jalan tol yang melibatkan kendaraan maupun tanpa pengguna jalan sehingga menimbulkan kerugian baik jiwa maupun materil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tau atau menganalisis faktor yang berhubungan pada kecelakaan lalu lintas pada Pramudi bus Trans Metro Pekanbaru tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di PT. Transportasi Pekanbaru Madani dengan armada Bus Trans Metro Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik menggunakan desain Cross Sectional dengan populasi sebanyak 118 Pramudi dan sampel 54 Pramudi secara Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan, lengah, ketertiban, dan keterampilan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada Pramudi bus Trans Metro Pekanbaru. Nilai pengetahuan ( p value = 0,023, POR = 11,000), lengah ( p value = 0,028, POR = 10,000), ketertiban ( p value = 0,012, POR = 11,714), dan keterampilan ( p value = 0,003, POR = 21,667). Faktor lengah mempunyai nilai risiko tertinggi dalam terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga diperlukan suatu kebijakan agar Pramudi bus Trans Metro lebih waspada dan berkonsentrasi disaat mengemudikan bus.
A traffic accident is an unexpected event or event that is not expected to arrive, occurs on the highway or on a toll road involving vehicles or without road users, causing loss of life and material. The purpose of this study is to find out or analyze factors related to traffic accidents on Trans Metro Pekanbaru bus drivers in 2021. This research was conducted at PT. Pekanbaru Madani Transportation with the Trans Metro Pekanbaru Bus fleet. This type of research is analytic observational using a cross sectional design with a population of 118 Drivers and a sample of 54 Drivers by Accidental Sampling. Collecting data using a questionnaire. Data analysis was univariate and bivariate with chi-square test. The results of this study indicate that there is a relationship between knowledge, carelessness, orderliness, and skills with the incidence of traffic accidents on Trans Metro Pekanbaru bus drivers. The value of knowledge (p value = 0.023, POR = 11,000), carelessness (p value = 0.028, POR = 10,000), order (p value = 0.012, POR = 11.714), and skills (p value = 0.003, POR = 21.667). The negligent factor has the highest risk value in the occurrence of traffic accidents so that a policy is needed so that Trans Metro bus drivers are more alert and concentrate when driving the bus.
Downloads
References
Adelaide, K. (2012). Gambaran Faktor - faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan
Tol Purbaleuyi Tahun 2010 - 2011.
Ahmad Alfani Rohman Noviandi, R. I. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku
Mengemudi Tidak Aman Pada Sopir Bus. Jurnal Kesehatan .
Akhmad David Casidy Rifal, A. D. (2015). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan
Kecelakaan Lalu Lintas pada Pramudi. Artikel Ilmiah Hasil PenelitianMahasiswa 2015
Annisa Hidayati, L. Y. (2016). Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan,
Penggunaan Jalur, Dan Kecepatan Berkendara. Jurnal berkala epidemiologi , 275-
Asrian. (2008). Cara Berlalu Lintas. http://asrian.wordpress.com/2008/01/24/ Ariawan, Iwan,
(2001).Besar dan metode sampel dalam penelitian kesehatan.
Depok: FKMUI.
Bird, Frank E. and Germain, George L. Practical Loss Control Leadership. Atalanta USA,
(1990).
Dahlia, K. (2012). Model hubungan penyebab kecelakaan dan angka kecelakaan lalu lintas
sepeda motor di kota depok. Fakultas kesehatan masyarakat. Universitas indonesia,
Jakarta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan. Perhubungan Darat
Dalam Angka (2014).
Ditjen Perhubungan Darat. (2008). Jumlah Kendaraan Bermotor Dibandingkan Jumlah
Kecelakaan Kendaraan Bermotor Berdasarkan Jenis Kendaraan 2002
– 2007. Jakarta. Diakses melalui www.dephub.go.id.
Heni Fa'riatul Aeni, I. S. (2014). Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Yogyakarta: Deepublish.
Hidayati, A. (2015). Hubungan Jenis Kelamin dan Faktor Perilaku Pengendara Sepeda Motor
dengan Kecelakaan Lalu Lintas di Kecematan Wonokromo Surabaya pada Siswa
SMP Tahun 2015. Skripsi Surabaya: Universitas Airlangga .
Irzal. (2016). Dasar - dasar kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Media Kesmas (Public Health Media)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.