ANALISIS BAURAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT PEKANBARU MEDICAL CENTER (PMC) KOTA PEKANBARU TAHUN 2020
MARKETING MIX ANALYSIS IN PEKANBARU MEDICAL CENTER (PMC) HOSPITAL PEKANBARU IN 2020
https://doi.org/10.25311/kesmas.Vol1.Iss2.77
Keywords:
Bauran Pemasaran, Pemasaran, Rumah Sakit PMCAbstract
ABSTRAK
Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menyampaikan informasi secara luas, memperkenalkan suatu produk barang dan jasa. Bauran pemasaran yang lazim digunakan perumah sakitan indonesia adalah 7P yaitu : produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui bauran pemasaran di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC). Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dilakukan dengan metode wawancara dan observasi kepada 5 informan yaitu manajer humas dan marketing, staf humas dan marketing 1, staf humas dan marketing 2, pengunjung keluarga pasien, masyarakat. Hasil penelitian menyebutkan bahwasannya rumah sakit belum memiliki pelayana MRI dan rencana kedepannya akan memiliki bedah digestif dan rumah sakit juga memiliki produk unggulan rehabilitasi kesehatan jiwa dan narkoba ditambah lagi klinik bayi tabung. Sedangkan untuk plang petunjuk arah masih belum jelas dan fasilitas khususnya di parkiran motor kurang luas dan belum ada atap atau kanopinya. Disarankan bagi pihak rumah sakit untuk lebih memperhatikan pelayanan MRI dan juga plang petunjuk rumah sakit dan juga lebih menggiat aktifkan promosi Rumah Sakit PMC disegala aspek media sosial dan juga lebih memperhatikan lokasi parkiran agar pengunjung yang datang lebih nyaman.
Daftar Pustaka : 19 (2010-2020)
Kata Kunci : Bauran Pemasraan, Pemasaran, Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC)
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Media Kesmas (Public Health Media)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.