Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Dengan Putting Susu Tenggelam di Klinik Arrabih Kota Pekanbaru

Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Dengan Putting Susu Tenggelam di Klinik Arrabih Kota Pekanbaru

Authors

Abstract

Kegagalan dalam proses menyusui sering disebabkan karena timbulnya beberapa masalah,baik masalah pada ibu seperti kurang atau salah informasi, putting susu datar, putting susu lecet, putting susu tenggelam, payudara bengkak, abses payudara, maupun pada bayi seperti bayi bingung putting,  bayi premature, bayi kuning, bayi sakit, bayi sumbing, dan bayi dengan lidah pendek.

Putting susu tenggelam adalah putting susu yang tidak dapat menonjol dan cenderung masuk kedalam,sehingga ASI tidak dapat keluar dengan lancar, yang disebabkan saluran susu lebih pendek ke dalam (tied nipples),kurangnya perawatan, kurangnya pengetahuan ibu tentang perawatan payudara. Tujuan studi kasus ini yaitu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan putting susu tenggelam. 

Metode pada asuhan ini dengan pendekatan studi kasus dengan pendekatan manajemen kebidanan kemudian didokumentasikan dalam bentuk SOAP. Studi kasus ini dilaksanakan di rumah pasien kemudian dilanjutkan dengan kunjungan rumah selama dua kali kunjugan dalam waktu 3 hari. Untuk itu perlu upaya petugas kesehatan dalam mengatasi putting susu tenggelam dengan cara melalukan konseling tentang putting susu tenggelam dan mengajarkan perawatan payudara dan cara mengatasi putting susu tenggelam dengan cara sederhana menggunakan spuit. Hasil asuhan yang diberikan pada Ny. S umur 27 tahun dengan putting susu tenggelam dapat semubuh dan pulih dalam waktu 3 hari.  Kesimpulan asuhan ini faktor menyusui, kondisi putting, posisi menyusui dan perawatan payudara diharapkan kepada tenaga kesehatan agar lebih peduli dan meningkatkan informasi tentang perawatan payudara. 

Kata Kunci      : Asuhan Kebidanan, putting susu Tenggelam

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-07-21

How to Cite

Juli Selvi Yanti, & Pamela Jefri. (2023). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Dengan Putting Susu Tenggelam di Klinik Arrabih Kota Pekanbaru : Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Dengan Putting Susu Tenggelam di Klinik Arrabih Kota Pekanbaru . Jurnal Kebidanan Terkini (Current Midwifery Journal), 3(1). Retrieved from https://jom.htp.ac.id/index.php/jkt/article/view/1115