ANALISIS BAURAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT PEKANBARU MEDICAL CENTER (PMC) KOTA PEKANBARU TAHUN 2020

MARKETING MIX ANALYSIS IN PEKANBARU MEDICAL CENTER (PMC) HOSPITAL PEKANBARU IN 2020

https://doi.org/10.25311/kesmas.Vol1.Iss2.77

Authors

  • Anggri Nurkumala Asih STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Yesica Devis STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Aldiga Rienarti Abidin STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Bauran Pemasaran, Pemasaran, Rumah Sakit PMC

Abstract

ABSTRAK

Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menyampaikan informasi secara luas, memperkenalkan suatu produk barang dan jasa. Bauran pemasaran yang lazim digunakan perumah sakitan indonesia adalah 7P yaitu : produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui bauran pemasaran di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC). Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dilakukan dengan metode wawancara dan observasi kepada 5 informan yaitu manajer humas dan marketing, staf humas dan marketing 1, staf humas dan marketing 2, pengunjung keluarga pasien, masyarakat. Hasil penelitian menyebutkan bahwasannya rumah sakit belum memiliki pelayana MRI  dan rencana kedepannya akan memiliki bedah digestif dan rumah sakit juga memiliki produk unggulan rehabilitasi kesehatan jiwa dan narkoba ditambah lagi klinik bayi tabung. Sedangkan untuk plang petunjuk arah masih belum jelas dan fasilitas khususnya di parkiran motor kurang luas dan belum ada atap atau kanopinya. Disarankan bagi pihak rumah sakit untuk lebih memperhatikan pelayanan MRI dan juga plang petunjuk rumah sakit dan juga lebih menggiat aktifkan promosi Rumah Sakit PMC disegala aspek media sosial dan juga lebih memperhatikan lokasi parkiran agar pengunjung yang datang lebih nyaman.

 

Daftar Pustaka  :  19 (2010-2020)

Kata Kunci    : Bauran Pemasraan, Pemasaran, Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>