Analisis Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dalam Meningkatkan Penggunaan Tempat Tidur Di Rumah Sakit Tandun Tahun 2019

https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss1.332

Authors

  • Lusi Trisna Lorenza STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Wen Via Trisna STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Bauran Pemasaran, Penggunaan Tempat Tidur, Sakit Tandun

Abstract

Bauran pemasaran merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing yang meliputi product, price, place, dan promotion, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan. Data Kunjungan pasien tahun 2017-2019 mengalami peningkatan hanya pada tahun 2018 namun jumlah indikator pelayanan rawat inap tahun 2017-2019 tidak mengalami peningkatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam Meningkatkan Penggunaan Tempat Tidur di Rumah Sakit Tandun Tahun 2019.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dilakukan di bagian unit rekam medis dan rawat inap di Rumah Sakit Tandun pada bulan Januari 2020 sampai dengan Juli 2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 pasien rawat inap di Rumah Sakit Tandun Tahun 2019 dengan besar sampel sebesar 58 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan melalui teknik simple random sampling. Analisis univariat digunakan untuk menejlaskan atau menggambarkan karakteristik setiap variabel penelitian.

Hasil diperoleh 70.7% pasien memilih tidak setuju dan 29,3% memilih setuju dengan product yang tawarkan Rumah Sakit Tandun. 276% pasien memilih tidak setuju dan 72.4% pasien memilih setuju price yang ditawarkan di Rumah Sakit Tandun. 74.1% pasien memilih place tidak terjangkau dan 25.9% pasien memilih place dapat terjangkau oleh pasien. 74.1% pasien memilih tidak tahu dengan promotion Rumah Sakit Tandun dan 25.9% pasien memilih tahu promition Rumah Sakit Tandun.

Kesimpulan bahwa mayoritas pasien memilih tidak setuju dengan product dan price yang ditawarkan Rumah Sakit Tandun, mayoritas pasien memilih place Rumah Sakit Tandun tidak terjangkau dan pasien mayoritas tidak tahu dengan promotion yang dilakukan Rumah Sakit Tandun. Saran sebaiknya Rumah Sakit Tandun lebih memfokuskan pada keunggulan Rumah Sakit agar pasien tertarik melakukan pengobatan di Rumah Sakit Tandun.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

16-03-2021

How to Cite

Lusi Trisna Lorenza , L. T. L. ., & Wen Via Trisna , W. V. T. . (2021). Analisis Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dalam Meningkatkan Penggunaan Tempat Tidur Di Rumah Sakit Tandun Tahun 2019. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(1), 25–36. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss1.332