Tinjauan Pelaksanaan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan Pasien Baru di Rumah Sakit PMC Pekanbaru Tahun 2021

https://doi.org/10.25311/jrm.Vol2.Iss3.359

Authors

  • Nurul Ummi Mahmuda STIKES Hang Tuah Pekanbaru
  • Yuyun Priwahyuni Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Pasien Baru.

Abstract

Penyediaan dokumen rekam medis pasien rawat jalan dimulai dari pasien mendaftar sampai dokumen rekam medis disediakan/ditemukan. Standar Pelayanan Minimal  penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menteri Kesehatan/SK/II/2008 ialah lebih kurang ≤ 10 menit, mulai dari pasien mendaftar sampai dokumen rumah sakit disediakan/ditemukan oleh petugas rumah sakit. Tujuan dari Penelitian ini adalah diketahui tinjauan pelaksanaan penyediaan dokumen rekam medis pelayanan rawat jalan pasien baru di rumah sakit PMC pekanbaru. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis sampling penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu jumlah sampel ditentukan oleh teori saturation yaitu berhenti mengumpulkan data jika tidak ada lagi informasi yang baru,  Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non-statistik dengan metode wawancara dan observasi. Hasil Penelitian yang didapatkan yaitu dari 3 orang yang dilakukan penelitian 2 diantaranya menghabiskan waktu lebih dari > 10 menit dalam pelayanan penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan pasien baru sedangkan 1 orang lagi diperlukan waktu kurang < 10 menit. Sistem Pendaftaran Rawat jalan sudah Komputerisasi tetapi belum SIMRS, Serta sarana dan prasarananya belum mencukupi seperti mesin pencetak kartu identitas berobat (KIB) yang sudah rusak, alur rekam medis pada assembling (perakitan/penyusunan) berkas rekam medis rawat jalan belum dilakasanakan, dan masih terdapat kekurangan SDM. Kesimpulannya maka dari itu didapatkan Hasil Observasi Antara 3 orang paien 2 diantaranya mengalami keterlambatan waktu dalam penyediaan dokumen rekam medis dimana ada beberapa faktor menjadi penyebabnya seperti mengangkat telepon masuk, komunikasi dua arah yang kurang maksimal (ketidakjelasan ucapan) dan kekurangan sumber daya manusia. sistem pendaftaran rumah sakit PMC pekanbaru sudah komputerisasi namun belum SIMRS dan telah memiliki alur rekam medis namun pada assembling (perakitan/penyusunan) dokumen rekam medis tidak dilakukan, sedangkan terkait sumber daya manusia rumah sakit sebenarnya membutuhkan tenaga SDM lebih.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

27-12-2022

How to Cite

Nurul Ummi Mahmuda, & Priwahyuni, Y. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan Pasien Baru di Rumah Sakit PMC Pekanbaru Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 2(3), 265–277. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol2.Iss3.359