PENGALAMAN REMAJA AWAL DALAM MENGIKUTI KEGIATAN FULL DAY SCHOOL DI KOTA PEKANBARU

https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss1.594

Authors

  • Nidar Rani STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Dewi Kurnia Putri
  • Siska Mayang Sari

Keywords:

Full Day School, Remaja Awal, Studi Fenomenologi

Abstract

Pendidikan ialah salah satu hal yang penting pada era globalisasi saat ini, seperti halnya dalam kegiatan Full Day School (FDS). Full Day School (FDS) ialah proses belajar yang dilakukan peserta didik dari pagi sampai sore di lingkungan sekolah yakni mencakup 5 hari dalam seminggu berada disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi pengalaman remaja awal dalam mengikuti kegiatan sekolah full day. Pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi fenomenologi. Partisipan di penelitian ini berjumlah 5 orang remaja berusia 13-15 tahun yang mengikuti sekolah full day. Teknik sampling yang dipergunakan ialah metode Snowball Sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan wawancara mendalam (in-depth-interview) yang dilakukan dengan via video call. Peneliti menggunakan analisa data Colaizzi. Hasil penelitian ini didapatkan adanya respon dalam mengikuti kegiatan full day school yaitu respon fisik dan psikis dan perkembangan sosial remaja yang berhubungan dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Dapat disimpulkan bahwa remaja yang mengikuti kegiatan full day school merasa lelah, jenuh, mengantuk, kurang tidur dan merasa senang disekolah, sehingga remaja merasa kurangnya interaksi dengan teman sebaya serta lingkungan sekitar karena tidak di beri izin oleh orang tua untuk bermain dengan teman-temannya dan adanya keterbatasan waktu untuk keluar rumah. Hasil penelitian ini bisa dijadikan pada pihak sekolah untuk dapat mengatasi kejenuhan, rasa mudah lelah dan mengantuk yang dialami remaja, hal ini dapat dilakukan dengan cara pembelajarannya diselingi dengan belajar sambil bermain, dapat ditambahkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan melibatkan remaja dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-28

How to Cite

Rani, N., Putri, D. K., & Sari, S. M. (2022). PENGALAMAN REMAJA AWAL DALAM MENGIKUTI KEGIATAN FULL DAY SCHOOL DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal), 2(1), 90–100. https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss1.594

Most read articles by the same author(s)