Studi Fenomenologi: Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19

https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss2.845

Authors

  • Reysa Elsyafitri Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Dewi Kurnia Putri Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Sekani Niriyah Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

COVID-19, Mahasiswa keperawatan, Mekanisme koping, Pembelajaran jarak jauh, Stres.

Abstract

Pandemi COVID-19 mengharuskan seluruh institusi pendididikan mengalihkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung terdapat beberapa kendala dan masalah yang menimbulkan stres bagi para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi stres dan mekanisme koping mahasiswa keperawatan dalam menjalani proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Partisipan penelitian terdiri dari enam mahasiswa keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru yang menjalani proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 dalam kategori stres tingkat berat. Pemilihan partisipan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan mengunakan metode wawancara mendalam melalui aplikasi google meet. Hasil wawancara dianalisis mengunakan metode collaizi. Hasil penelitian didapatkan enam tema yaitu sumber stres mahasiswa keperawatan saat menjalani PJJ, respon saat menjalani pembelajaran jarak jauh, strategi koping mahasiswa keperawatan saat menjalani PJJ, mekanisme koping mahasiswa saat menjalani PJJ, support System, dan harapan mahasiswa keperawatan untuk pembelajaran jarak jauh selanjutnya. Melalui penelitian ini diharapkan bagi institusi pendidikan dapat mempertimbangkan dilakukannya pembelajaran tatap muka kembali dan mempertimbangkan memberikan bimbingan kepada mahasiswa keperawatan dalam memilih mekanisme koping yang tepat untuk mengatasi stres. Bagi ilmu keperawatan melalui penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi dan referensi tambahan dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang lebih mendalam mengenai upaya mahasiswa keperawatan untuk mencegah terjadinya stres.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-01

How to Cite

Elsyafitri, R. ., Putri, D. K., & Niriyah, S. (2022). Studi Fenomenologi: Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal), 2(2), 54–69. https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss2.845