Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss3.880

Authors

  • Nelda Arfina Universitas hang tuah pekanbaru
  • Abdurrahman Hamid
  • Yecy Anggreny

Keywords:

Pemeriksaan payudara sendiri, Remaja putri, Pengetahuan

Abstract

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) merupakan salah satu cara yang efesien dan efektif sebagai cara deteksi dini permasalahan pada payudara, yang akan lebih efektif bila dilakukan sejak dini. Namun pada kenyataannya masih banyak remaja putri yang belum paham tentang pemeriksaan SADARI dan bagaimana untuk mempraktekkannya agar dapat mendeteksi kelainan pada payudaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri mengenai pemeriksaan payudara sendiri di SMA YLPI Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengunakan metode survei deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 121 responden dengan teknik consecutive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yaitu pada data kelas, akses informasi, dan gambaran pengetahuan remaja putri dalam melakukan SADARI. Hasil penelitian menunjukkan sebagian kecil responden memiliki pengetahuan baik sebanyak 13 orang (10,7%), responden dengan pengetahuan cukup sebanyak 67 orang (55,4%) dan responden dengan pengetahuan kurang sebanyak 41 orang (33,9%). Mayoritas responden akses informasi dari media elektronik, dengan tingkat pengetahuan gambaran pengetahuan remaja tentang pengetahuan pemeriksaan payudara sendiri didapatkan sebagian besar memiliki pengetahuan cukup. Diharapkan kepada responden agar terus mencari informasi terkait pengetahuan dalam pemeriksaan payudara sendiri agar pengetahuan remaja semakin meningkat terkait pemeriksaan payudara sendiri dan mampu mempraktekkannya dengan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-31

How to Cite

Arfina, N., Hamid, A., & Anggreny, Y. (2022). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri . Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal), 2(3), 98–111. https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss3.880