ANALISIS PEMASARAN RUMAH SAKIT YANG BERKAITAN DENGAN MARKETING MIX DI RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU TAHUN 2020
THE HOSPITAL MARKETING ANALYSIS RELATED TO THE MARKETING MIX AT SYAFIRA HOSPITAL PEKANBARU IN 2020
https://doi.org/10.25311/kesmas.Vol1.Iss3.145
Keywords:
Marketing Mix, Marketing, HospitalAbstract
Marketing Mix merupakan salah satu cara pemasaran yang dilakukan oleh rumah sakit dalam menginformasikan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui marketing mix di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara obeservasi dan wawancara mendalam. Dilakukan wawancara mendalam kepada 5 informan yaitu Kepala Pengembangan Humas dan Marketing, Staff Humas dan Marketing, Manajer Keuangan, dan 2 orang Pengunjung Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan Marketing Mix yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Sumber Daya Manusia), Physical Evidence (Fasilitas Fisik), dan Process (Proses) dan Productivity and Quality (Produktivitas dan Kualitas) di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru sudah berjalan dengan baik, sehingga benar berdasarkan data jumlah kunjungan pasien rawat inap dan rawat jalan tahun 2017, 2018, dan 2019 mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Marketing Mix yang berjalan dengan baik dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan menambah citra bagi Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Saran bagi Rumah Sakit Syafira Pekanbaru agar dapat mempertahankan Marketing Mix sehingga Rumah Sakit Syafira Pekanbaru bisa terus meningkatkan kunjungan pasien.
Marketing Mix is one way of marketing that is done by hospitals in informing health services. The purpose of this study in general is to determine the marketing mix at Syafira Hospital Pekanbaru in 2020. This research is a descriptive study with a qualitative method approach. Data collection was carried out by means of observation and in-depth interviews. In-depth interviews were conducted with 5 informants, namely the Head of Public Relations and Marketing Development, Public Relations and Marketing Staff, Finance Manager, and 2 visitors to Syafira Hospital Pekanbaru. The results showed the Marketing Mix, namely Product, Price, Place, Promotion (Promotion), People (Human Resources), Physical Evidence (Physical Facilities), and Process (Process) and Productivity and Quality ( Productivity and Quality) at Syafira Hospital Pekanbaru has been going well, so it is true that based on data on the number of inpatient and outpatient visits in 2017, 2018, and 2019, it has increased significantly. From the results of the study, it can be concluded that a good marketing mix can increase the number of patient visits and add to the image for Syafira Hospital Pekanbaru. Suggestions for Syafira Hospital Pekanbaru to maintain the Marketing Mix so that Syafira Pekanbaru Hospital can continue to increase patient visits.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Media Kesmas (Public Health Media)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.