Tinjauan Pelaksanaan Pelepasan Informasi Medis Ke Pihak Ke-3 Di RS PMC Tahun 2021

https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss2.352

Authors

  • Rihha Datul Aisy a:1:{s:5:"en_US";s:26:"STIKes Hang Tuah Pekanbaru";}
  • Wen Via Trisna STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Pelepasan Informasi, Pihak ke-3, RS PMC

Abstract

Pelepasan informasi medis adalah data rekam medis yang diminta oleh pasien, dokter dan tenaga kesehatan, atau pihak ketiga seperti untuk asuransi, pendidikan dan kepolisian. Di RS PMC, diketahui bahwa pelepasan informasi medis sudah berjalan, permintaan diajukan kebagian marketing, belum adanya formulir persetujuan pelepasan informasi medis, dan belum adanya SOP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kelengkapan resume medis serta mengetahui pelaksanaan dan SOP pelepasan informasi medis kepihak ke-3 yaitu pada pendidikan, asuransi, dan kepolisian.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di RS PMC pada bulan November 2020 – April 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan teknik non-statistik. Analisa data dilakukan dengan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase kelengkapan resume medis pada identifikasi pasien adalah 95,2%, pada catatan penting 65,9%, dan autentifikasi 99,7%. Dari hasil tersebut dapat diketahui kualitas pengisian resume medis pada identifikasi pasien yaitu baik, pada catatan penting yaitu cukup, dan autentifikasi yaitu baik. Di RS PMC belum terdapat SOP tentang pelepasan informasi medis kepihak ke-3, serta sudah memiliki alur pelaksanaan yang baik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pengisian resume medis pada identifikasi pasien yaitu baik, pada catatan penting yaitu cukup, dan autentifikasi yaitu baik. Dalam  pelaksanaan pelepasan informasi medis belum mempunyai SOP, alur pelaksanaan sudah berjalan sesuai standar. Sarannya adalah rumah sakit membuat SOP untuk pelepasan informasi medis kepihak ke-3, membuat rekapan permintaan pelepasan, membuat surat balasan penelitian, menambah syarat pada asuransi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

26-10-2021

How to Cite

Aisy, R. D., & Trisna, W. V. (2021). Tinjauan Pelaksanaan Pelepasan Informasi Medis Ke Pihak Ke-3 Di RS PMC Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(2), 83–96. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss2.352