Hubungan Pemberian Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi COVID-19 Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru

https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss2.551

Authors

  • Yana Dwiriani STIKes Hang Tuah
  • Siska Mayang Sari Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Raja Fitrina Lestari Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Pelayanan Kesehatan, Kepuasan pasien, Pandemi COVID-19, PUSKESMAS

Abstract

PUSKESMAS adalah pelayanan kesehatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat, PUSKESMAS adalah fasilitas kesehatan terdepan serta ujung tombak dalam terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar pada tingkatan masyarakat, agar kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan pada masa pandemi COVID-19 dapat terpenuhi. Pasien bisa merasakan kepuasan ketika kinerja pelayanan kesehatan sesuai yang diharapkan sehingga kepuasan pasien juga merupakan ukuran yang sangat penting tentang efektifitas pemberian pelayanan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan pemberian pelayanan kesehatan selama pandemi COVID-19 dengan kepuasan pasien di PUSKESMAS simpang tiga pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Cross sectional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah rekapitulasi data pengunjung PUSKESMAS Simpang Tiga Pekanbaru dari bulan Januari sampai Juni tahun 2020 dengan jumlah pengunjung sebanyak 1.203 jiwa, pengambilan sampel berdasarkan kriteria serta rumus slovin dan didapatkan banyaknya sampel dalam penelitian sebanyak 121 orang. yang dipilih secara accidental Sampling. Dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Data diperoleh dari analisis secara univariat serta bivariat dengan uji Chi square. Hasil penelitian dijumpai pemberian pelayanan kesehatan di PUSKESMAS selama pandemi COVID-19mayoritas termasuk kategori tidak baik sebanyak 66 orang (54,5%), kepuasan pasien selama pandemicCOVID-19 mayoritas merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan sebanyak 71 orang (58,7%). Hasil analisis bivariat didapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien selama pandemi COVID-19 di PUSKESMAS Simpang Tiga Pekanbaru dengan p value 0,000 (0,000< 0,05). Diharapkan pada tenaga kesehatan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan yang diberikan saat pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Dwiriani, Y., Sari, S. M., & Lestari, R. F. (2022). Hubungan Pemberian Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi COVID-19 Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal), 2(2), 180–193. https://doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss2.551

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.