Faktor - Faktor Penyebab Penurunan Kinerja Petugas Rekam Medis di Puskesmas Kampar Tahun 2021

https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss3.364

Authors

Keywords:

Kinerja, Rekam Medis

Abstract

Unit Rekam Medis merupakan salah satu unit tersibuk dan memerlukan kinerja yang tinggi (dan teliti) dari para petugasnya. Penyebab penurunan kinerja yaitu kurangnya motivasi dan kurang mendukungnya lingkungan di tempat kerja sehingga membuat petugas rekam medis kurang nyaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja petugas rekam medis di Puskesmas Kampar tahun 2021. Pada penelitian di Puskesmas Kampar dengan 8 orang responden dimana untuk jam kerja tidak ada waktu untuk istirahat. Selain itu petugas merasa tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang lain pada waktu yang bersamaan serta intensitas cahaya lampu dan cahaya matahari yang masuk ke ruang kerja tidak baik dan kurang memadai.

   Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 8 orang petugas rekam medis. Sampel yang digunakan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan proporsi masing – masing variabel.

   Hasil penelitian bahwa dari 8 orang responden pada faktor psikologis terdapat 5 responden (62,5%) merasa tidak maksimal melakukan pekerjaan lain secara bersamaan meskipun telah bekerja secara sungguh – sungguh. Dari 8 responden pada faktor lingkungan diketahui bahwa 4 responden (50,0%) merasa intensitas cahaya lampu dan cahaya matahari yang masuk ke ruangan kerja tidak sesuai dan tidak memadai dan 5 responden (62,5%) merasa terganggu dengan kebisingan suara dari luar ruangan maupun di jalan raya.

            Kesimpulannya maka dari itu didapatkan bahwa pada faktor psikologis, beberapa petugas rekam medis sering mengalami kendala saat melakukan pekerjaan seperti sering lupa, merasa tidak tenang dan kurangnya semangat motivasi disaat pekerjaan lagi banyak serta pada faktor lingkungan, intensitas cahaya lampu ataupun cahaya matahari masih kurang baik, sehingga sedikit mengganggu pekerjaan petugas. Diharapkan perlu diadakan pelatihan khusus untuk semua petugas rekam medis Puskesmas Kampar, setiap tahun diadakan pemilihan petugas rekam medis teladan agar memicu semangat petugas rekam medis dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

25-01-2022

How to Cite

Julia Citra Sari, & Doni Jepisah. (2022). Faktor - Faktor Penyebab Penurunan Kinerja Petugas Rekam Medis di Puskesmas Kampar Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(3), 215–225. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss3.364