Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RS. Islam Ibnu Sina Pekanbaru Tahun 2021
https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss3.371
Keywords:
Pelayanan, Kepuasan pasien, tempat pendaftaran Rawat jalan, RS. Islam Ibnu SinaAbstract
Dalam memberikan kepuasan pada pasien ada 5 dimensi mutu kualitas pelayanan kesehatan yang dapat mewakili persepsi pasien terkait kepuasan yaitu: Ketanggapan, Keandalan, Jaminan, perhatian, Bukti fisik. Berdasarkan survey awal peneliti 5 dari 8 pasien merasa kurang puas karena waktu tunggu untuk pendaftaran terlalu lama, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan di tempat pendafataran. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian di lakukan di RS. Islam Ibnu Sina Pekanbaru Tahun 2021. Sampel yang digunakan sebanyak 94 responden. Proses pengolahan data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian tingkat kepuasan yaitu sebanyak 80 (85,1%) responden menyatakan baik pada dimensi Ketanggapan dengan p value 0,003, Keandalan 53 (56,4%) dengan p value 0,006, Jaminan 84 (89,4%) dengan p value 0,016, Perhatian 82 (87,2%) dengan p value 0,007, Bukti fisik 73 (77,7%) dengan p value 0,020, dan kepuasan keseluruhan 77 (81,9%). Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan dengan dimensi mutu yang diteliti, saran yang bisa diberikan penulis agar petugas dapat menjaga dan mengoptimalkan terutama dikecepatan pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan.