Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Terhadap Kepuasan Pasien BPJS pada Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Pambang Kabupaten Bengkalis Tahun 2021

https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss2.401

Authors

  • Nur Qamarina STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Tri Purnama Sari
  • Indra Bayu Kusuma

Keywords:

Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Kepuasan Pasien

Abstract

Komunikasi verbal identik dengan kata-kata, baik lisan ataupun tulisan. Komunikasi non verbal dimana pesan atau informasi yang disampaikan tidak secara langsung. Kepuasan pasien dalam pelayanan di puskesmas tidak bisa di pandang sebelah mata. Beberapa pasien mengatakan kurang puas terhadap pelayanan komunikasi petugaspendaftaran rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal terhadap Kepuasan Pasien BPJS pada Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) diUnit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Pambang Kabupaten Bengkalis Tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Cross Sectional dan teknik sampling yaitu accidental sampling dengan jumlah 91 sampel. Pengolahan data dengan cara editing, coding, processing dan cleaning. Analisa data dilakukan dengan analisa univariat dan analisa bivariat. Berdasarkan hasil untuk analisa univariat diketahui bahwa 91 responden didapat 44 orang  menyatakan tidak baik dan 47 orang menyatakan baik dengan komunikasi verbal. Dan 91 responden didapat 46 orangmenyatakan tidak baik dan 45 responden menyatakan baik dengan komunikasi non verbal. Sedangkan analisa bivariat diketahui bahwa 91 responden didapat 44 orang menyatakan tidak baik didapatkan 33 orang menyatakan tidak puas dan 11 orang menyatakan puas dengan komunikasi verbal. Dan 91 responden didapat 46 orang menyatakan tidak baik didapatkan 27 orang menyatakan tidak puas dan 19 orang menyatakan puas dengan komunikasi non verbal. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan komunikasi verbal dan  non verbal dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di UPT Puskesmas Pambang Tahun 2021. Dan saran bagi puskesmas diperlukan pelatihan terhadap petugas pendaftaran dalam mewujudkan pelayanan yang bermutu dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

26-10-2021

How to Cite

Nur Qamarina, Tri Purnama Sari, & Indra Bayu Kusuma. (2021). Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Terhadap Kepuasan Pasien BPJS pada Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Pambang Kabupaten Bengkalis Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(2), 171–182. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss2.401